selamat Datang, dan jangan lupa kembali kunjungi blog ini

Senin, 27 Februari 2012

LES PAUL


Lahir dengan nama Lester William Porfus, Les Paul adalah seorang gitaris jazz yang piawai.  Nama besardiraihnya dari karir bermusikny.  Namun Les Paul tidak puas hanya dikenal karena karya musiknya.  Lalu, dia menciptakan gitar solid body bersama Gibson Guitar.  Sukse bersama Gibson Guitar ini melambungkan namanya.  Statusnya kini lebih diakui sebagai inventor.

Ya, ukiran nama-nya banyak terpatri di model gitar solid body hasil ciptaannya.  Tidak hanya itu, Les Paul juga berhasil sebagai pionir dalam berbagai kegiatan musiknya.  Salah satunya adalah eksperimennya dibidang recording.  Diantaranya adalah overdubbing, delay effect, phasing effect, dan multitrack recording menjadi perhatian khalayak music.  Dalam mengembangkan gitar modelnya, Les Paul ketika ditanya apakah sudah menemukan tone gitar yang diincarnya, jawabannya adalah belum.  Hal ini yang membuat seorang Les Paul terus mengembangkan model gitarnya bersama Gibson Guitar.  Kemudian pada tahun 1952, Gibson meluncurkan gitar Les Paul pertamanya.

Les Paul lahir di Waukesha, Wisconsin, Amerika Serikat pada tahun 1915.  Dia telah mulai berinovasi sejak umur 10 tahun. Hasil inovasi pertamanya adalah gantungan Harmonika yang dikalungkan dilehernya.  Dia berusaha untuk bermain gitar sampai memainkan harmonikanya.  Gantungan harmonica tersebut terbuat dari gantungan jaket yang dibengkokkan.  Hasil inovasinya ini berhasil meginspirasi musisi lain hingga kini.
 
Les Paul mulai bereksperimen ide model sebuah gitar sejak tahun 1920.  Uji coba ini menhasilkan sebuah gitar yang dinamainya”Log”.  Les Paul membuat bridge, neck, dan pickup ke sebuah kayu berukuran 4x4 inci.

Pada tahun 1940 dia mendekati perusahaan Gibson Guitar.  Namun model buatannya tidak diterbitkan dengan alasan gitar solid body tidak popular pada masa itu.  Les Paul diluncurkan  Gibson ke pasaran pada tahun 1952, dua tahun setelah Fender sukse meluncurkan gitar Telecaster-nya.  Setelah itu, merupakan sejarah rock n roll yang luar biasa.

Les Paul wafat pada 12 agustus 2009 diusianya yang ke 94.  Banyak musisi yang terinspirasi oleh gitar buatanya.  Dan tidak sedikit juga sound gitarnya menyelamatkan kehidupan musisi tersebut.  Sebagai contoh pernyataan Keith Richard, Roling Stone.  “Tanpa Les Paul, mungkin hidup saya akan berakhir di penjara atau membersihkan toilet”.
>

0 komentar:

Posting Komentar

Please comment